Senin, 20 Mei 2013

Langkah-langkah membuat game

Langkah-langkah membuat game


Setelah kita membahas beberapa jenis game, cara memainkannya, dan teknologi apa saja yang digunakan. Kini masuk pada langkah-langkah pembuatannya. Bagaimana cara membuat game. Ada 7 garis besar yang perlu kita lakukan ketika ingin membuat game, yaitu :
  1. Tema, maksudnya kita menentukan tema game kita apa. Karena tema dari game mencerminkan identitas dari game tersebut, atau sama saja dengan pondasi dari pembutan sebuah game.
  2. Genre, maksudnya kita menentukan genre game kita. Berupa game action, sport, shoting, advebture, dll. Atau jika kita membuat game atas permintaan sebuah perusahaan, maka minta pada perusahaan tersebut ingin dibuatkan game dengan genre apa.
  3. Grafis. Selain penentuan tema, grafis juga suatu hal yang penting dalam pembuatan game. Kenapa? Itu karena nilai sebuah game sebagian besar dilihat dari grafis gamenya.
  4. Software disini maksudnya kita pilih software apa yang akan kita gunakan untuk membuat game tersebut. Software-software untuk membuat game diataranya Macromedia Flash MX (Actionscript 1), Macromedia Flash MX 2004 (Actionscript 2), Macromedia Flash 8 (Actionscript 2), Adobe Flash CS3 (Actionscript 3) atau Adobe Flash CS4 (Actionscript 3). Gunakan software sesuai dengan kemampuan kita. Yang mudah dan cepat pengerjaannya.
  5. Music/ Sound Effect. Cari dan tentukan sound effect yang pas dan khas dari game yang kita buat. Sehingga game kita mempunyai ciri tertentu dari segi musicnya. Maksudnya, ketika orang memainkan game kita, tanpa harus melihat tampilannya orang tau itu adalah game yang kita buat. Game yang memiliki ciri pada music/ sound effect yang bagus ialah game Mario Bross.
  6. Pembuatan. Setelah 5hal diatas telah kita tentukan, maka masuk pada tahap pembuatannya. Dan pada tahap ini, kita membuat sesuai dengan software yang kita kuasai atau ingin dicoba.
  7. Test disini maksudnya ialah tahap uji coba game yang telah kita buat. Pakah berhasil atau tidak. Jika berhasil maka bisa digunakan, namun jika tidak kita bisa mengecek kembali apa yang kurang pada tahap pembuatannya. Entah itu codingnya, atau ada beberapa statement atau perintah yang kurang.
Seperti yang sudah dibahas diatas pada software yang digunakan. Macromedia Flash adalah salah satu software yang bisa kita gunakan untuk membuat game. Dan mari kita sedikit berkenalan dengan Macromedia Flash 8.
Sebelum menjalankan aplikasi Macromeda Flash 8, terlebih dahulu harus dilakukan proses instalasi. Proses instalasi berarti memasang software ke dalam sistem komputer kita, agar bisa dijalankan setiap waktu. Untuk melakukan instalasi program, anda harus memiliki CD Master Macromedia Flash 8. CD master aplikasi merupakan CD sarana instalasi program ke dalam komputer kita. Jika CD master instalasi telah disiapkan, masukkan CD tersebut ke dalam CD ROM dan lakukan browsing menggunakan Windows Explorer. Untuk lebih detailnya, lakukan langkah-langkah sebagai berikut :
  1. Cari file Setup.exe dalam CD Macromedia Flash 8, kemudian klik ganda file tersebut sehingga muncul gambar berikut :
  2. Klik Next untuk melanjutkan proses instalasi. Akan muncul License Agreement seperti di bawah.
  3. License Agreement berisi tentang aturan-aturan lisensi yang harus disepakati oleh pengguna aplikasi ini. Jika Anda setuju dengan aturan lisensi tersebut, pilih opsi I Accept… dan klik Next.
  4. Isikan folder tujuan instalasi sesuai keinginan, kemudian tekan tombol Next.
  5. Setelah muncul kotak Ready to Install… klik Next untuk melanjutkan proses.
  6. Proses instalasi akan berjalan dan tunggu sampai kotak indikator menunjukkan proses sampai dengan 100% yang menunjukkan bahwa proses instalasi telah selesai. Klik finish untuk mengakhiri program penginstalan.
Dan bagaimana menjalankan aplikasi ini jika sudah terinstall di PC kita? Caranya dapat diaktifkan menggunakan Start Menu Program sebagai berikut
  1. Klik menu Start -> Programs -> Macromedia.
  2. Dari daftar pilihan yang muncul, pilih Macromedia Flash 8.
About these ads

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar